Sabtu, 19 Juli 2014

NGAJI BISNIS UKM BMW



Bisnis itu tidak semata-mata mencari keuntungan atau laba, melainkan juga bernilai spiritual guna mengembangkan potensi diri dalam rangka meraih pencerahan hidup. Jika bisnis hanya untuk mendapatkan profit dan mengejar harta saja maka ruh manusia sebagai makhluq sosial akan hilang. Hal itu disampaikan oleh May Pandu (Aktivis Majelis Pemberdayaan Masyarakat PDM Surabaya) ketika mengisi materi NGAJI BISNIS dalam pertemuan anggota binaan UKM Bina Mandiri Wirausaha (BMW) Lazismu Surabaya, Sabtu sore menjelang berbuka, tanggal 19 Juli 2014 di Gedung Dakwah Muhammadiyah Surabaya.

Oleh karena itu May Pandu mengajak 40 orang anggota binaan UKM BMW yang hadir untuk berbisnis dengan hati yang riang gembira dan bahagia. Nilai sosial dalam berbisnis adalah adanya saling take and give, saling membutuhkan, saling membantu, terutama antara pedagang atau pebisnis dengan pembeli atau kastamer. “Pedagang harus bersemangat dan bergembira ketika berangkat untuk berjualan, banyak senyum dalam melayani pembeli, dan melakukan komunikasi yang efektif dan ramah dengan pembeli guna memberikan layanan yang baik. Jika hal itu dilakukan maka akan terbina hubungan yang sangat akrab dengan pembeli. Jika sudah demikian maka order dan profit akan lancar jaya” kata Pandu.

Pedagang atau pebisnis yang sukses harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik dan efektif dengan kastemer atau pelanggan. “Pedagang yang selalu merengut, bermuka masam atau tidak ramah dalam melayani maka akan ditinggalkan oleh pembeli” tambahnya. May Pandu kemudian mengajak para hadirin Ngaji Bisnis yang sebagian besar adalah PKL dan usaha mikro sektor informal ini untuk memperagakan gerakan badan agar tampil bersemangat dan bergembira ketika melayani pelanggan. Kemudian disusul dengan diberikan tips-tips bagaimana pedagang membina dan membangun hubungan yang erat dengan konsumennya.

Selesai Ngaji Bisnis, acara kemudian diteruskan dengan pencairan pinjaman lunak Modal Usaha untuk beberapa kelompok usaha. Acara ditutup dengan berbuka puasa bersama untuk saling mempererat jalinan silaturrahim antar anggota binaan. (Adit-RED).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KADO RAMADHAN

KADO RAMADHAN

Jadual Imsakiyah Ramadhan 1437 H

Jadual Imsakiyah Ramadhan 1437 H

AKSI BERSAMA LAZISMU

AKSI BERSAMA LAZISMU

Tanggap Bencana

Tanggap Bencana

CIMB NIAGA SYARIAH