Jumat, 25 September 2015

KIRAB HEWAN QURBAN AWALI EVEN DA'WAH QURBAN BERSAMA UNTUK SESAMA


Kesemarakkan even Da’wah Qurban PAK KUMIS Lazismu Surabaya yang bertema “QURBAN BERSAMA UNTUK SESAMA” tampak terasa di kampung Manukan Rukun, Kelurahan Lontar, Kecamatan Sambikerep Surabaya Barat, kamis 11 Dzulhijjah 1436 atau 24 September 2015. Lokasi ini dijadikan sasaran da’wah Lazismu Surabaya guna melaksanakan ibadah Qurban dan berbagai kegiatan sosial. Serangkaian acara pun disusun dan disiapkan guna memberi warna syiar da’wah pada Qurban tahun ini. Adapun tempat pelaksanaan Qurban dan berbagai kegiatan sosial seperti Layanan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis serta Panggung Da’wah dilangsungkan di Panti Asuhan Puteri At-Taqwa Muhammadiyah Cabang Sambikerep, yang beralamat di Manukan Rukun 26-27 Surabaya.

Saat waktu menunjukkan pukul 07.00 WIB kegiatan pun dimulai, yang dia-wali dengan KIRAB QURBAN, yaitu meng-arak 4 ekor sapi qurban keliling kampung bersama anak yatim Panti Asuhan, pemu-da, remaja kampung dan pendekar Tapak Suci dari SMP Muhammadiyah 14. Kuman-dang Takbir menggema tatkala rombongan kirab berjalan menyusuri gang-gang kam-pung yang menjadi rute kirab. Sapi-sapi qurban yang diarak itu pun menurut saja dikeler berkeliling kampung, walau pada awalnya beberapa sapi sedikit berontak.

Di Lokasi ini Lazismu Surabaya menyembelih 5 ekor sapi dan 2 ekor kam-bing. Selain itu dari pihak Panti Asuhan At-Taqwa juga telah menyediakan 2 ekor sapi dan 3 ekor kambing untuk disembelih pada momen Qurban Bersama ini. Lazismu juga mendistribusikan beberapa ekor kambing ke berbagai titik yang juga dijadikan arena kegiatan Baksos Qurban oleh angkatan mu-da Muhammadiyah dan kelompok binaan Lazismu.

Sementara itu Pemerintah kota Surabaya seperti pada tahun-tahun sebelumnya senantiasa berpartisipasi dalam even da’wah qurban Muhammadiyah kota Surabaya yang dilaksanakan oleh Lazismu dengan menyumbangkan 1 ekor sapi jenis limousin. Penyerahan sapi qurban itu dilakukan secara simbolis oleh Wakil Walikota Surabaya di halaman Taman Surya, kompleks Balaikota Surabaya, pada hari kamis pagi tanggal 24 September 2015. Setelah acara seremoni, maka sapi itu segera dibawa ke lokasi qurban untuk disembelih.

PENYEMBELIHAN HEWAN QURBAN

Penyembelihan hewan qurban men-jadi momen utama dari rangkaian kegiatan even da’wah Qurban Lazismu Surabaya. Aspek kesehatan dan higienitas proses penyembelihan hewan qurban pengolahan hingga pengemasan menjadi faktor penting yang harus mendapatkan perhatian. Pemilihan hewan qurban pun tak luput dari prioritas panitia penyelenggara yakni dengan pengadaan hewan qurban yang sehat, bersih, jantan, tidak cacat, telah cukup umur dan meme-nuhi persyaratan dan ketentuan agama.

Panitia lokal Qurban yang ditun-juk, khususnya Tim Jagal telah melaksana-kan tugasnya dengan baik, berupa pemo-tongan hewan qurban sesuai syariat. Ber-sama tim panitia lainnya mereka bahu-membahu bekerja dari pagi hingga siang guna mempersiapkan daging qurban segar yang dikemas dalam bungkus plastik higie-nis. Setelah siap, lalu segera didistribusikan kepada yang berhak menerima, pequrban dan masyarakat umum.

KEMERIAHAN QURBAN BERSAMA UNTUK SESAMA

Belajar dan mengamalkan keteladanan dari Nabi Ibrahim a.s. sungguh bukan merupakan pekerjaan yang mudah, apalagi semudah berucap sepatah kata atau membalik tangan. Belajar keteladanan dari Nabi Ibrahim a.s. berarti kita mengambil hikmah dan pelajaran dari sikap dan tindakan Bapak para Nabi itu. Mengamalkan teladan Nabi Ibrahim a.s. berarti kita memberikan bukti nyata tentang kekuatan iman dan keyakinan kokoh yang kita miliki terhadap kebesaran dan kekuasaan Allah Swt.
Berqurban adalah sebuah langkah nyata dan cinta bhakti seorang hamba kepadaNya. Dengan berqurban kita menegaskan jati diri kita yang berada di dalam barisan penegak dienul Islam, sebagai pengikut Muhammad Rasulullah S.a.w. sang Nabi di akhir zaman.

Berqurban hakikatnya adalah mendekatkan diri kepada Allah Swt, memberikan bukti ketaatan dan kepatuhan kita kepadaNya serta menebarkan kepedulian dan kasih sayang terhadap sesama. Berqurban juga berarti sebagai tanda bahwa kita mengenyahkan pengaruh syaitan dan iblis yang terkutuk dari kehidupan kita dan membuang jauh sifat-sifat kebinatangan yang ada dari di dalam diri sehingga kita mampu tampil sebagai insan yang muttaqin.

Berkaitan dengan itu, Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh Muhammadiyah (Lazismu) sebagai lembaga kedermawanan sosial (filanthropi) senantiasa mengajak dan mengedukasi ummat Islam agar meneladani sikap dan perilaku para Nabi utusan Allah Swt dengan menjalankan dengan sungguh-sungguh perintah beramal kebajikan dan menebar kasih sayang pada sesama secara bersama atau berjamaah. 

Oleh karena itu Lazismu dalam even da’wah Qurban PAK KUMIS (Paket Kurban untuk Kawasan Kumuh & Miskin) tahun 1436 Hijriyah ini mengambil tema “Qurban Bersama Untuk Sesama”. Dengan bersama atau berjamaah yang kecil bisa menjadi besar, yang lemah akan menjadi kuat dan yang biasa saja berubah menjadi luar biasa. Spirit berkemajuan akan mewarnai rona kehidupan jika dilakukan secara bersama.

Even da’wah “Qurban Bersama Untuk Sesama” Lazismu Surabaya tahun ini dilaksanakan pada hari kamis tanggal 11 Dzulhijjah 1436 H atau 24 September 2015 M di Panti Asuhan Puteri At-Taqwa Jl. Ma-nukan Rukun 26, Lontar, Muhammadiyah Cabang Sambikerep. Selain kegiatan pe-nyembelihan hewan qurban dan pendistri-busian daging qurban, even da’wah terse-but juga dimarakkan dengan Kirab Qurban, Panggung Da’wah dan gerai Layanan Pemeriksaan Kesehatan dan Pengobatan Gratis untuk masyarakat Lansia dan Dhuafa.

Prosesi acaranya, setelah dikirab oleh anak yatim dan warga keliling kampung, hewan qurban segera disembelih. Se-banyak 7 ekor Sapi dan 5 ekor kambing di-potong di acara ini. Hewan qurban ini me-rupakan patungan jama’ah donatur Lazismu sebanyak 4 ekor Sapi dan 2 ekor kambing (individu), Pemkot Surabaya 1 ekor sapi dan jamaah warga Muhammadiyah Sambikerep 2 ekor sapi dan 3 ekor kambing.

Kemeriahan acara ini juga berkat adanya Panggung Da’wah yang digelar di depan Panti Asuhan Puteri At-Taqwa Lontar, Muhammadiyah Sambikerep. Di atas Pang-gung Da’wah, selain acara seremoni beru-pa sambutan oleh M.Sholeh (Ketua PCM Sambikerep) dan Drs. Zayyin Chudlori M.Ag (Ketua PDM Surabaya) juga diisi dengan Tausiyah Agama oleh KH. Abdul Wahid Syukur (Penasehat PDM Surabaya). Ratus-an warga memadati arena Panggung Da’-wah karena tidak hanya seremoni yang di-suguhkan melainkan juga Kuis berhadiah souvenir dan sajian senandung lagu religi oleh para remaja dan anak yatim Panti, yang diiringi dengan launan musik elekton.


Sabagai wujud kepedulian dan berbagi kebahagiaan, Lazismu Surabaya juga telah menyiapkan Tas dan peralatan sekolah yang disumbangkan kepada 52 anak yatim/piatu, baik panti maupun non panti di sekitar kampung Lontar. Wajah-wajah cerah ceria tergambar manakala para anak yatim/piatu ini menerima bingkisan tas dan alat sekolah itu.

Usai Panggung Da’wah, acara dia-khiri dengan pendistribusian daging qurban. Pendistribusian dilakukan dengan cara; sistim kupon, dikirim door to door dan di-jemput oleh koordinator kelompok warga atau komunitas masyarakat.

LAYANAN KESEHATAN GRATIS

Even da’wah Qurban Bersama Untuk Sesama yang senantiasa dilaksanakan oleh Lazismu Surabaya tidak hanya sebatas dari sisi penyembelihan dan pendistribusian daging qurban saja, mela-inkan juga bernilai plus, yaitu dengan diselenggarakannya kegiatan bhakti sosial, berupa Layanan Kesehatan (gratis) untuk kaum dhuafa dan lanjut usia (lansia) di Panti Asuhan Puteri At-Taqwa, Lontar, Muhammadiyah Cabang Sambikerep.

Pada pagi hari, setelah dilakukan penyembelihan hewan qurban, Layanan Kesehatan itu pun mulai dibuka. Sebelum dibuka, puluhan orang yang kebanyakan wanita dan lansia telah mengantri dengan membawa kupon guna mendapatkan layanan pemeriksaan dan pengobatan dari tim dokter dan medis. Layanan itu berupa pemeriksaan / diagnosa oleh dokter, cek gula darah, asam urat dan kolesterol oleh para perawat dan relawan mahasiswa, serta pemberian obat-obatan oleh tim medis. Di lokasi juga telah disiapkan 2 unit ambulans untuk bersiaga apabila ada pasien yang perlu dirujuk ke Rumah Sakit.

Hingga siang hari menjelang dhuhur, 100 orang lebih telah mendapat layanan kesehatan. Menurut salah seorang warga, Syaiful, layanan kesehatan ini sang-at bermanfaat bagi warga lanjut usia, terutama untuk memeriksa tekanan darah, kadar gula darah, kolesterol dan asam urat, serta mendiagnosa suatu penyakit di dalam tubuh. Ia berharap agar kegiatan ini bisa rutin dilaksanakan bagi kaum lansia.

Layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini terselenggara berkat kerjasama yang erat antara Lazismu Surabaya dengan Rumah Sakit P.K.U. Mu-hammadiyah Surabaya dan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadi-yah Surabaya.

APRESIASI KETUA PCM SAMBIKEREP
Kegiatan Lazismu Surabaya Even Da’wah Qurban di kawasan Lontar mendapat apresiasi dari pimpinan Muhammadiyah setempat. Menurut M. Sholeh, Ketua PCM Sambikerep, bukan kali ini saja Lazismu mengadakan kegiatan bhakti sosial ke Sambikerep. Pada bulan Ramadhan Lazismu juga pernah membagi-bagikan paket santunan Kado Ramadhan di kawasan Beringin. “Kegiatan Qurban ini menurut kami tepat sasaran karena dilak-sanakan di kawasan perkampungan padat penduduk seperti Lontar ini. Hal ini me-nunjukkan bahwa Lazismu telah melaksanakan amanah dari para pequrban untuk berqurban di kawasan yang  membutuhkan. Semoga Lazismu ke depan dapat meningkatkan kegiatan sosialnya sehingga menyentuh masyarakat luas terutama pada lapisan bawah.” kata M. Sholeh seraya berucap terima kasih. (Adit-RED).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KADO RAMADHAN

KADO RAMADHAN

Jadual Imsakiyah Ramadhan 1437 H

Jadual Imsakiyah Ramadhan 1437 H

AKSI BERSAMA LAZISMU

AKSI BERSAMA LAZISMU

Tanggap Bencana

Tanggap Bencana

CIMB NIAGA SYARIAH