Minggu, 07 Juli 2013

SAMBUT RAMADHAN LAZISMU SURABAYA


Menyambut bulan suci Ramadhan 1434 hijriyah, LAZISMU Surabaya mengadakan kegiatan kampanye edukasi religi bertemakan “BACK TO MASJID”. Event ini merupakan program nasional LAZISMU yang juga digelar serentak di 5 kota besar di Jawa, yakni Jakarta, Bandung, Yogya, Solo dan Surabaya. Namun tidak sebatas 5 kota besar saja, kegiatan ini juga digelar di seluruh jejaring di nusantara, termasuk di wilayah Jawa Timur.



BACK TO MASJID yang diselenggarakan LAZISMU di Surabaya mengambil tempat di Masjid Al-Mu’minun, Jl. Bulak Banteng Wetan XIV/1-3 Surabaya. Kegiatan dilaksanakan pada hari ahad tanggal 7 Juli 2013 atau dua hari menjelang puasa dimulai. Sesuai dengan tema, selain bertujuan untuk merajut tali silaturrahim diantara sesame umat Islam, kegiatan ini juga ditujukan sebagai kampanye edukasi secara simbolik agar umat kembali mewujudkan fungsi masjid sebagai pusat pelayanan, pemberdayaan dan pencerahan umat. Masjid tidak hanya digunakan sebagai tempat beribadah ritual kepada Allah Swt saja, namun juga sebagai tempat pendidikan umat dalam rangka mewujudkan kehidupan secara Islami dengan sebenar-benarnya.

Kagiatan Back to Masjid LAZISMU Surabaya yang dipusatkan di masjid Al-Mu’minun merupakan rangkaian acara yang meliputi kegiatan pra ramadhan, pada masa ramadhan dan pasca ramadhani. Pada pra ramadhan, digelar kegiatan Pengajian Sambut Ramadhan, Launching M-Center, Penyerahan santunan Pendidikan dan Pemeriksaan/pengobatan gratis bagi kaum dhuafa.

Masjid Al-Mu’minun yang menjadi tempat pelaksanaan Back To Masjid pada hari ahad pagi tanggal 7 Juli 2013 itu tampak semarak. Sekitar 3oo orang undangan hadir guna mengikuti rangkaian acara yang telah disusun. Bagi yang mengikuti pemeriksaan dan pengobatan gratis disediakan tempat di ruangan TK ABA yang satu kompleks dengan Masjid Al-Mu’minun. Pemeriksaan dan pengobatan gratis dilaksanakan oleh 2 orang dokter dan 4 tenaga medis dari Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surabaya. Mereka yang datang mendapat layanan pemeriksaan kesehatan, konsultasi kedokteran, penyuluhan hidup sehat dan juga mendapatkan obat secara gratis.

Acara dimulai dengan suguhan aneka hiburan dari TK ABA Platuk dan Bulak Banteng, TPQ Al-Mu’minun, Band SMP Muhammadiyah 15, SD Muhammadiyah 25 dan SMK Muhammadiyah 1 Kapasan. Tidak ketinggalan aneka quiss dengan berbagai pertanyaan seputar Al-Islam dan KeMuhammadiyahan diberikan dengan doorprise berupa buku dan VCD Sang Pencerah. Hadirin tampak antusias berebut menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh pembawa acara.

Setelah berbagai sambutan, diantaranya dari Muhammad Dahlan, M.Ag (Ketua Takmir Masjid Al-Mu’minun), Syamsun Aly, M.A. (Ketua LAZISMU Surabaya) dan Sujatno, M.Si (Wakil Ketua PDM Surabaya), acara dilanjut dengan launching M-Center. Launching ini dilakukan dengan meluncurkan 100 balon dengan tulisan M-Center dan UPZ LAZISMU ke udara, disaksikan oleh ratusan hadirin dan penduduk sekitar masjid.

Acara puncak adalah pengajian sambut ramadhan oleh ustadz Muhammad Luthfi. Dengan gayanya yang khas asli putra Madura, ustadz muda ini memberikan tausiyah dan pencerahan secara dialog penuh humor kepada para hadirin. Beliau menganjurkan agar umat Islam jangan menyia-nyiakan bulan ramadhan yang penuh barokah dan ampunan ini untuk terus beramal sholeh kepada mereka yang membutuhkan dan juga meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah Swt. Jika sholat, maka lakukan dengan penuh khusyuk, ikhlas dan tidak riya’. Jika beramal maka beramal sholehlah secara total dan berkualitas, maksudnya amal sholeh kita mampu memberikan penghidupan kepada yang kita bantu. Itulah sebagian pesan yang disampaikan oleh ustadz Luthfi. Di akhir acara diserahkan santunan Pendidikan kepada anak-anaka dhuafa di sekitar Masjid oleh LAZISMU. Acara ditutup dengan makan siang bersama yang diselingi hiburan dari D’Ama Band, anak-anak panti asuhan Muhammadiyah Wiyung. (Adit-LAZISMU Surabaya-RED).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KADO RAMADHAN

KADO RAMADHAN

Jadual Imsakiyah Ramadhan 1437 H

Jadual Imsakiyah Ramadhan 1437 H

AKSI BERSAMA LAZISMU

AKSI BERSAMA LAZISMU

Tanggap Bencana

Tanggap Bencana

CIMB NIAGA SYARIAH