Rabu, 18 Desember 2013

AYO BANTU KORBAN BANJIR



Setiap tahun warga di wilayah paling barat kota Pahlawan, tepatnya di desa Sumber Langgeng, Sumber Rejo, Pakal dan sekitarnya hingga ke wilayah Gresik selalu mendapatkan musibah banjir. Banjir tahunan kali ini disebabkan oleh meluapnya kali Lamong yang menjadi pembatas antara kota Surabaya dan Kabupaten Gresik. Hujan yang turun selama 5 (lima) hari mulai tanggal 15 hingga 20 Desember 2013 memicu sungai yang mengarah ke Telok Lamong ini tak kuasa menahan arus yang begitu besar sehingga salah satu tanggulnya jebol. Tidak hanya gara-gara luapan air sungai Kali Lamong, banjir disini juga kerap terjadi karena arus rob, yakni gelombang pasang air laut dari bibir pantai di sebelah utara desa, yang masuk melalui saluran air dan menggenangi wilayah desa.

Tak pelak, akibat banjir ini aktivitas warga di desa Sumber Langgeng, Sumber Rejo Pakal menjadi terganggu. Rumah-rumah penduduk terendam air mulai dari setinggi 50 cm hingga 1 meter. Barang-barang banyak yang rusak terendam air, sementara aliran listrik dan air bersih terputus. Kerugian ratusan juta rupiah pun juga membayangi para pemilik tambak yang pada saat banjir ini tengah menunggu masa panen. Tambak-tambak di wilayah desa ini tergenang air banjir sehingga gagal panen pun tak terhindarkan.

Melihat hal itu pemerintah tak tinggal diam dengan mengirimkan bala bantuan berupa nasi bungkus, satuan petugas satpol PP dilengkapi dengan kendaraan truk dan juga ranger dari Satkorlak BPBD guna membantu aktivitas transportasi warga. Sementara itu Persyarikatan Muhammadiyah, khususnya PDM Surabaya juga tak tinggal diam. Melalui Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PDM Surabaya menerjunkan para relawan untuk mendirikan Posko, melakukan assesment dan pendampingan bagi warga yang terkena musibah. PDM juga menginstruksikan LAZISMU Surabaya untuk mengkoordinir penghimpunan bantuan dan sumbangan bagi korban banjir. Segera setelah melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, akhirnya berdiri Posko Bantuan di Masjid Darul Arqom PCM Pakal, di Jl. Raya Raci 12-A Surabaya. Sementara untuk Posko pengungsi dan distribusi bantuan ditempatkan di lokasi banjir, yakni di Masjid Islamiyah PRM Sumber Rejo. (Adit-RED / Foto:MDMC).


Ayo.. bantu korban banjir di Teluk Lamong / Pakal Surabaya.. Posko Bantuan Bencana Muhammadiyah di Gedung Dakwah Muhammadiyah, Jl. Sutorejo 73-77 Surabaya, telp. 031-81189500 dan Posko Pengungsi di Masjid Muhammadiyah Sumber Rejo Pakal.. Butuh selimut, obat2an ringan dan sembako segera.. Posko bantu di Masjid Darul Arqom, Jl. Raya Raci 12-A, Benowo, Pakal, Surabaya. Komando Posko: Wahyu Widodo (Mupalas Unmuh) 085749657282.
 
 
 
 
 


  foto : MDMC

Hari Jumat 20 Desember 2013 pengumpulan terakhir bantuan dari masyarakat di Posko Masjid Darul Arqom Jl. Raya Raci 12-A Pakal Surabaya. Hari Sabtu 21 Desember 2013 bantuan akan didistribusikan ke 450 KK. Dana bantuan juga dapat ditransfer melalui Bank Syariah Mandiri Cab. Kusuma Bangsa, No. Rek. 1850008495 atas nama LAZISMU Surabaya dan di Bank Centra Asia (BCA) Syari'ah No. rek 0110011253 a/n Sunarko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KADO RAMADHAN

KADO RAMADHAN

Jadual Imsakiyah Ramadhan 1437 H

Jadual Imsakiyah Ramadhan 1437 H

AKSI BERSAMA LAZISMU

AKSI BERSAMA LAZISMU

Tanggap Bencana

Tanggap Bencana

CIMB NIAGA SYARIAH