Minggu, 13 Juli 2014

MENEBAR ASA MENUJU KAMPUNG BERDAYA EKS LOKALISASI PUTAT JAYA


 

Lazismu Surabaya pada awal tahun 2014 ini telah mencanangkan kampung eks Lokalisasi Putat Jaya akan dijadikan community development program yang diberi nama Kampung Berdaya. Tujuan program ini adalah untuk memberikan wadah pembinaan dan pemberdayaan bagi Eks Wanita Tuna Susila (WTS) dan warga tedampak penutupan lokalisasi, yang berbasis Masjid dalam bentuk kegiatan pelatihan kewirausahaan, bimbingan keagamaan, bantuan modal usaha dan pendampingan. Program yang telah disusun antara lain :

a) Pusdiklat (agama, keluarga sakinah, kesehatan lingkungan dan pelatihan kewirausahaan).

b) Bantuan peralatan sholat, Al-Qur'an dan buku agama / tuntunan ibadah.

c) Bantuan modal dan alat usaha seperti : mesin cuci untuk laundry, alat produksi kue, alat memasak, etalase toko / warung, alat produksi susu kedelai, dan rombong usaha.

d) Pengembangan unit usaha yang bermanfaat bagi warga sekitar

Guna mengawali program itu maka pada tanggal 13 Juli 2014 Lazismu Surabaya bersama Pokja P2-PDM Surabaya dan PRM Putat Jaya menyelenggarakan kegiatan keagamaan ‘DARUL ARQOM’ atau yang lebih dikenal dengan Pesantren Ramadhandi Masjid Ukhuwah, Panti Asuhan Muhammadiyah Jl. Putat Jaya VIII-B Surabaya. Darul Arqom ini ada dua grup, grup-1 diikuti oleh 18 orang Wanita Harapan atau eks WTS/PSK dan grup-2 diikuti oleh 40 anak yatim-piatu Panti Asuhan Muhammadiyah Putat Jaya dan anak yatim non Panti.



Hadir pada acara pembukaan ya-itu : Muslich (Camat Sawahan), Andi Hari-yadi (PDM Surabaya), M.Kholiq (PCM. Sa-wahan) dan Arif An (Koordinator Pokja P2-PDM). Narasumber yang mengisi materi antara lain: Ust. Soedjono, dr. Layla (PCM Krembangan), Nur Choirotin (’Aisyiyah), Ust. Syamsun Aly, Sunarko (Lazismu) dan Ust. Suradi (Relawan P2). Kegiatan ini juga disemarakkan oleh partisipasi relawan ma-hasiswa dari FISIP-FIB UNAIR Surabaya da-lam Ramadhan Berbagi Ceria anak Yatim.

Materi yang diberikan dalam Darul Arqom grup-1 bagi Wanita harapan, meliputi Al-Islam, Kesehatan Reproduksi, Testimoni, Memupuk Iman & Taqwa dan Membangun Bisnis Mandiri. (Adit-RED).


PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN USAHA



Pemberdayaan ekonomi terhadap Wanita Harapan yang dilakukan o-leh Lazismu tidak hanya memberi-kan bantuan peralatan dan modal usaha saja namun disertai dengan Pelatihan dan Pendampingan. Guna menggarap program ini Lazismu menggandeng Majelis Pember-dayaan Masyarakat PDM guna memberi-kan Pelatihan Kewirausahaan yang dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2014.

Materi pelatihan tidak hanya berisi motivasi bisnis dan teori wirausaha saja, namun juga praktik. Karena itu pada bulan Agustus 2014 ini akan dilakukan pendampingan lapangan dan tambahan materi ketrampilan, seperti membuat sari kedelai, membuat kue, praktik usaha laun-dry, dan lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing Wanita Harapan yang menjadi binaan Lazismu. (Adit-RED).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KADO RAMADHAN

KADO RAMADHAN

Jadual Imsakiyah Ramadhan 1437 H

Jadual Imsakiyah Ramadhan 1437 H

AKSI BERSAMA LAZISMU

AKSI BERSAMA LAZISMU

Tanggap Bencana

Tanggap Bencana

CIMB NIAGA SYARIAH