Selasa, 18 Februari 2014

LADANG BERAMAL DI KAWASAN BENCANA



Aditio Y, Sekretaris LAZISMU Surabaya
Donatur yang peduli dan budiman..., Berbagai bencana alam kembali mengguncang negeri kita. Mulai dari letusan gunung Sinabung di Sumatera Utara dan di juga berbagai daerah yang terdapat gunung api. Gejala-gejala alam yang tampak menunjukkan tanda-tanda yang harus diwaspadai. Semua elemen masyarakat di daerah rawan bencana larut dalam kondisi waspada, siaga hingga awas. Kita juga dalam masa siaga banjir nasional. Air hujan dengan curah tinggi tidak hanya menggenangi wilayah ibukota negara, tetapi juga beberapa daerah propinsi di Jawa, Nusa Tenggara dan Sulawesi. Akibat bencana banjir korban jiwa tak terhindarkan, perekonomian lumpuh, harta benda rusak, penduduk mengungsi, aktivitas pun menjadi terganggu. Tak ternilai berapa besar kerugian yang diderita. Belum lagi banjir surut, ancaman gempa bumi segera menghantui negeri kita yang memang berada di wilayah rawan gempa. Kita tentu tidak akan lupa dengan gempa disusul tsunami yang terjadi di Aceh, Nias dan juga gempa hebat di Jogjakarta. Kini, di berbagai daerah rawan gempa menunjukkan tanda-tanda aktivitas bumi berguncang yang harus terus diwaspadai.
Sebagai kaum yang beriman tentulah kita percaya bahwa ada hikmah di balik peristiwa. Bencana karena alam maupun bencana akibat ulah manusia apapun bentuknya dan besar-kecilnya harus senantiasa diterima dengan ikhlas, sabar dan penuh tawakal kepada Allah Swt. Tidak hanya menerima, tetapi kita pun harus mengantisipasi dan yang terpenting berintrospeksi-evaluasi atas apa yang kita perbuat.


Bagi kita yang tidak tertimpa musibah hendaklah peristiwa bencana yang menimpa saudara kita itu menjadikan kita mawas diri, menjauhi sikap sombong, takabur dan angkuh. Hendaklah kita memiliki kepedulian kepada sesama yang menderita. Sangat tidak elok jika kita tidak tanggap, hanya santai saja dan tidak berempati manakala saudara sebangsa, apalagi sau-dara seiman tengah menderita dan kehilangan harta benda bahkan kehilangan orang yang dicintai. Bencana selayaknya menjadi ladang beramal kita guna membantu dan memberikan pertolongan kepada para korban. Bantuan dalam bentuk apapun akan sangat bermakna asal-kan tulus dan ikhlas serta mengharap ridho Allah Swt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KADO RAMADHAN

KADO RAMADHAN

Jadual Imsakiyah Ramadhan 1437 H

Jadual Imsakiyah Ramadhan 1437 H

AKSI BERSAMA LAZISMU

AKSI BERSAMA LAZISMU

Tanggap Bencana

Tanggap Bencana

CIMB NIAGA SYARIAH