Minggu, 08 Februari 2015

KAJIAN ZAKAT & PENYERAHAN SANTUNAN DI PCM KARANG PILANG SURABAYA

Senantiasa Memberi untuk Negeri..


 
Foto Kajian tentang Zakat dan Sosialisasi Lazismu ke PCM Karang Pilang di Masjid Baitul Arqom Kedurus.. (Ahad pagi, 8 Februari 2015).


 
Foto penyerahan santunan (Sembako dan uang) kepada fakir-miskin (program LAPD) di Masjid Baitul Arqom Kedurus ba'da Kajian tentang Zakat dan Sosialisasi Lazismu ke PCM Karang Pilang.. (Ahad pagi, 8 Februari 2015).

**************

Lazismu Surabaya tak henti-hentinya senantiasa mengajak umat untuk berbuat kebaikan, mencegah kerusakan dan meninggalkan perbuatan yang sia-sia, sebagaimana perintah Allah Subhanahu wata’ala. Berbuat baik tidak selalu dengan pekerjaan yang sulit, namun perbuatan yang sederhana akan bermakna bila dilakukan dengan tulus dan ikhlas.

Oleh karena itu pada Awal bulan pebruari 2015 lalu, Lazismu Surabaya melaksanakan kegiatan Kajian Keliling, Sosialisasi Zakat dan memberikan santunan kepada para janda dan lansia dari warga kurang mampu. Kegiatan tersebut ditempatkan di Masjid Baitul Arqom, Jl. Kedurus Dukuh I, PCM Karang Pilang Surabaya.

Materi yang disampaikan berkaitan erat dengan kewajiban umat Islam untuk meningkatkan kesadaran dan kualitas dalam berzakat dan bershodaqoh. Pembicaranya adalah ustadz Syamsun Aly selaku Ketua Lazismu Surabaya. Pada kesempatan tersebut ustadz Syamsun mengajak hadirin untuk senantiasa berjalan dengan berpegang teguh pada ajaran agama Islam yang salah satunya adalah kewajiban berzakat, karena termasuk dalam salah satu rukun Islam. Menurut Ketua Lazismu Surabaya itu saat ini ummat Islam terpuruk bukan hanya karena masalah lemah aqidah dan ibadahnya saja, melainkan juga muamalahnya yang juga jeblok yang ditandai dengan rendahnya kualitas bershodaqoh dan berzakat. Padahal Allah di dalam Al-Qur’an secara tegas memerintahkan ummat Islam agar mendirikan Sholat dan menunaikan Zakat. Zakat juga menunjukkan kesempurnaan seorang Muslim karena di dalam berzakat terdapat nilai kebaikan, hikmah dan kemanfaatannya bagi ummat manusia.

Alhamdulillah, saat ini ummat Islam sudah mulai meningkat kesadarannya dalam berinfaq dengan menjadi donatur tetap pada lembaga amil zakat yang tersebar di berbagai daerah. Namun demikian kesadaran ini harus ditingkatkan dari sekedar berinfaq ala kadarnya menjadi seorang Muzakki yang secara aktif menunaikan zakat dengan menghitung nilai zakat atas harta dan penghasilannya. Banyak ummat Islam dengan beragam profesi belum tersentuh atau pun bahkan tidak paham dengan zakat profesi.

Terakhir, ustadz Syamsun Aly mengajak 60 orang hadirin warga Mu-hammadiyah Karang Pilang untuk berza-kat melalui Amil yang terpercaya, yaitu Lazismu sebagai lembaga zakat nasional resmi yang didirikan oleh Persyarikatan Muhammadiyah. Dengan berzakat mela-lui Lazismu, warga Muhammadiyah tidak hanya menunaikan kewajiban sebagai seorang Muslim namun juga berpartisi-pasi dalam program-program Persyarika-tan khususnya peningkatan pendidikan, pemberdayaan masyarakat, pengentasan kemiskinan dan dakwah Islam.

Selain mengkaji ayat-ayat al-Qur’an tentang perintah zakat, acara diakhiri dengan penyerahan santunan berupa sembako dan uang dari Lazismu yang diserahkan oleh Suja’i dan Sunarko kepada 20 orang warga kurang mampu khususnya janda dan lanjut usia (lansia) yang ada di kawasan PCM Karang Pilang. Dalam kesempatan itu PCM Karang Pilang juga menyerahkan bantuan peralatan ke-pada beberapa PRM dan Amal Usaha Muhammadiyah yang ada di wilayahnya. Kegiatan Kajian dan Santunan keliling ini adalah program Back to Masjid Lazismu Surabaya yang dilakukan secara bergilir ke PCM-PCM yang ada di kota Surabaya, minimal satu bulan sekali. (Adit-RED).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KADO RAMADHAN

KADO RAMADHAN

Jadual Imsakiyah Ramadhan 1437 H

Jadual Imsakiyah Ramadhan 1437 H

AKSI BERSAMA LAZISMU

AKSI BERSAMA LAZISMU

Tanggap Bencana

Tanggap Bencana

CIMB NIAGA SYARIAH